Saturday, November 3, 2012

TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF PIAGET



Pengetahuan tidak berbentuk kesadaran aprori yang sudah ditetapkan di dalam diri subyek, terbentuk dari perceptual, oleh pertukaran antara organisme dan lingkungan dari sudut tinjauan biologi serta antara fikiran dan obyeknya menurut tinjauan kognitif. (Piaget, dalam Bringuier, 1980, hlm. 110)
Teori Jean Piaget tentang perkembangan kognitif memberikan batasan kembali tentang kecerdasan, pengetahuan dan hubungan anak didik dengan lingkungannya. Kecerdasan merupakan proses yang berkesinambungan membentuk struktur yang diperlukan dalam interaksi terus-menerus dengan lingkungan. Struktur yang dibentuk oleh kecerdasan, pengetahuan sangat subjektif waktu masih bayi dan masa kanak-kanak awal dan menjadi objektif dalam masa dewasa awal.
Perkembangan cara berfikir berlainan dari masa bayi sampai usia dewasa meliputi tindakan bayi, pra operasi, operasi kongkrit dan operasi formal. Proses dibentuknya setiap struktur yang lebih kompleks ini adalah asimilasi dan akomodasi, diatur oleh ekuilibrasi.
Piaget memberikan proses pembentukan pengetahuan dari pandangan yang lain, beliau menguraikan pengalaman fisik atau pengetahuan eksogen, merupakan abstrak dari cirri-ciri obyek, pengalaman logis, matematis atau pengetahuan endogen disusun melalui reorganisasi proses pemikiran anak didik. Struktur tindakan , operasi kongkrit dan operasi formal dibangun dengan jalan logis-matematis.......
Untuk Selengkapnnya Silahkan ....

Ditulis Oleh : Unknown // 4:33 PM
Kategori:

0 comments:

 

Blogroll

Blogger news

Powered by Blogger.