Pengetahuan tidak berbentuk kesadaran aprori yang
sudah ditetapkan di dalam diri subyek, terbentuk dari perceptual, oleh
pertukaran antara organisme dan lingkungan dari sudut tinjauan biologi serta
antara
fikiran dan obyeknya menurut tinjauan kognitif.
(Piaget, dalam
Bringuier, 1980, hlm. 110)
Teori Jean Piaget tentang perkembangan kognitif memberikan batasan
kembali tentang kecerdasan, pengetahuan dan hubungan anak didik dengan
lingkungannya. Kecerdasan
merupakan proses yang berkesinambungan membentuk struktur yang diperlukan dalam
interaksi terus-menerus dengan lingkungan. Struktur yang dibentuk oleh
kecerdasan, pengetahuan sangat subjektif waktu masih bayi dan masa kanak-kanak
awal dan menjadi objektif dalam masa dewasa awal.
Perkembangan cara berfikir berlainan dari masa bayi
sampai usia dewasa meliputi tindakan bayi, pra operasi, operasi kongkrit dan
operasi formal. Proses dibentuknya setiap struktur yang lebih kompleks ini
adalah asimilasi dan akomodasi, diatur oleh ekuilibrasi.
Piaget memberikan proses pembentukan pengetahuan dari pandangan yang
lain, beliau menguraikan pengalaman fisik atau pengetahuan eksogen, merupakan
abstrak dari cirri-ciri obyek, pengalaman logis, matematis atau pengetahuan
endogen disusun melalui reorganisasi proses pemikiran anak didik. Struktur
tindakan , operasi kongkrit dan operasi formal dibangun dengan jalan
logis-matematis.......
Untuk Selengkapnnya Silahkan ....
Download: TEORI PERKEMBANGAN PIAGET
0 comments:
Post a Comment