Saturday, November 3, 2012

TIPOLOGI BERDASAR NILAI BUDAYA EDWARD SPRANGER

.



Kehidupan manusia dipengaruhi dari berbagai macam faktor, dan budaya merupakan salah satu dari sekaian banyak faktor. Hal itu menjadi sebuah kenyataan sehingga kebudayaan menjadi suatu hal yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Kebudayaan, Menurut K.H. Dewantara, Adalah hasil budi daya manusia yang dapat di pergunakan untuk memudahkan hidup manusia. (Agus Sujanto, 2006:43-45)
Tipologi adalah pengetahuan yang berusaha menggolongkan manusia menjadi tipe-tipe tertentu atas dasar faktor-faktor tertentu, misalnya karakteristik fisik, psikis, pengaruh dominan nilai-nilai budaya. (Novfyta Arlianti,  2010)

Dengan demikian tipologi berdasar nilai kebudayaan bisa diartikan sebagai tipe-tipe pengolongan manusia hal-hal yang bersangkutan dengan akal untuk mempermudah hidup manusia.
Tipologi Spranger dapat diklasifikasikan berdasarkan :
1.      Macam roh (hubungannya timbal balik)
a.     Roh subjektif atau roh individual (subjektive geits, individualis gaits) yaitu roh yang  terdapat pada manusia masing-masing (individual). Roh ini merupakan struktur yang bertujuan.
1.      Roh individual itu merupakan struktur, karena roh individual itu harus dapat    dipahami jika ditinjau sebagai anggota dari pada struktur yang lebih tinggi, yaitu kebudayaan.
2.       Roh individual itu bertujuan, yaitu mencapai atau menjelmakan nilai tertentu,  dan  juga hanya dapat dipahami dengan jalan memahami sistem nilai-nilai tertentu struktur nilai yang lebih tinggi adalah roh subjektif.  

Klik Untuk Download

Ditulis Oleh : Unknown // 4:57 PM
Kategori:

0 comments:

 

Blogroll

Blogger news

Powered by Blogger.